Select Page

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu saya abis liat youtube dari @Generasi90an yang isinya semua hal yang ada di tahun 90an, ya nggak semuanya juga sih, coba deh kamu liat dulu.

Terlalu banyak memory dari tahun 90an, tapi yang paling saya ingat adalah ketika hari minggu dari jam 6 sampai jam 12 siang full dengan acara kartun. Sekarang juga  full sih tapi bukan acara kartun, acara musik dari pagi sampai malam full banget. skip skip.

Yang menarik untuk kita diskusikan hari ini adalah saya sering sekali melihat ada yang meminta link download musik langsung kepada musis ybs. Brosis coba deh kamu bayangin, kamu baru buat musik untuk dijual tetapi ada yang meminta bajakannya langsung kepada kamu, gimana perasaan kamu? HANCUR!

Mungkin kebanyakan beranggapan, kenapa harus beli satu CD original kalau hanya mau mendengarkan satu lagu saja? Kalau ini saya juga setuju, kadang saya tidak suka dengan satu album, mau beli tapi sayang banget. Belum lagi harga CD original yang lumayan mahal untuk kurs Indonesia.

Sebelum-sebelumnya saya sudah sering mendengan ada yang menjual musik diginal asli dan legal dan dijual dengan satuan dengan harga yang murah, tapi sayangnya kebanyakan mengenakan batasan, misalnya maksimal 3x copy atau hanya bisa diplay menggunakan software khusus mereka. Kalau saya mau dengarkan di mobil gimana? Siapa yang mau sudah bayar tapi masih banyak batasannya.

Dulu saya sih sering dengar kalau Steve Jobs menjual musik dalam format MP3 dan tanpa ada batasan. Namun karena belum ada Apple device akhirnya ya saya lupakan berita tersebut.

Akhirnya beberapa bulan yang lalu saya membeli iPad, langsung deh saya coba adalah membeli musik dari sana, karena kebetulan seminggu setelah saya beli iPad,  iTunes tersedia untuk Indonesia dan bisa dibeli dari sini tidak perlu menggunakan alamat US.

Harga untuk setiap lagu Indoensia berkisar Rp5.000. Nah kamu bisa membeli lagu secara satuan, memang ada beberapa yang harus beli secara full album, tapi ini tidak banyak, lebih banyak yang dijual satuan dan kamu bisa dengerin dulu contohnya, jadi tidak seperti membeli kucing dalam karung.

Saya belum punya Apple bro? kamu download aja iTunes kemudian kamu install di komputer kamu, buat akun kemudian pilih lagu.. Saya belum ada kartu kredit bro? kamu bisa membeli menggunakan gift card, kamu bisa minta tolong teman kamu yang punya kartu kredit untuk dibelikan gift card melalui iTunes atau kamu bisa membelinya di forum-forum internet, sampai artikel ini dibuat harga terendah untuk gift card adalah Rp150.000.

Kalau kamu sudah beli musik yang kamu suka, kamu bisa langsung download ke Apple Device kamu dengan sign in di iTunes yang ada di iPhone, iPad, atau iPod Touch kamu. Kalau kamu mau dalam format mp3 kamu bisa langsung convert lagu yang sudah kamu beli langsung melalui iTunes (Caranya cari sendiri ya, hehehe)

Ayo kamu mau mulai menikmali musik legal ?